Mengukur dan Meningkatkan ROI Pemasaran Digital

 Cara Mengukur dan Meningkatkan ROI Pemasaran Digital Anda

Ketika berbicara tentang pemasaran digital, kita sering memikirkan hal-hal seperti “konten viral” dan “keterlibatan”. Meskipun kata kunci industri ini dapat menggoda untuk fokus, kenyataannya adalah bahwa elemen pemasaran digital ini tidak benar-benar menceritakan keseluruhan cerita.


Metrik ini tidak dapat memberi Anda gambaran yang jelas tentang bagaimana waktu, uang, dan upaya yang Anda lakukan untuk upaya pemasaran digital merek memengaruhi laba perusahaan Anda.


Jika Anda ingin lebih memahami bagaimana bagian yang berbeda dari kampanye pemasaran digital Anda memengaruhi bisnis Anda.


Anda perlu mengukur ROI pemasaran digital.

Mengukur laba atas investasi adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda mengalokasikan anggaran secara efektif dan mendapatkan hasil maksimal dari pengeluaran pemasaran Anda.

Di bawah ini, saya akan membahas lebih dalam tentang apa itu ROI pemasaran digital dan bagaimana Anda dapat mengukurnya untuk bisnis Anda sendiri.

Saya juga akan memberikan daftar singkat tips bermanfaat dan dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan laba atas investasi Anda dari waktu ke waktu.

Apa itu ROI Pemasaran Digital?

ROI pemasaran digital adalah ukuran untung atau rugi yang Anda hasilkan pada kampanye pemasaran digital Anda.

Berdasarkan jumlah uang yang Anda investasikan.

Dengan kata lain, pengukuran ini memberi tahu Anda apakah Anda mendapatkan nilai uang Anda dari kampanye pemasaran Anda.

Jika Anda memiliki laba atas investasi yang positif, itu berarti kampanye Anda menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda belanjakan untuk itu.

Memaparkan ROI pemasaran digital penting karena tanpa mengukur ini, Anda pada dasarnya buta pemasaran. Jika Anda tidak mengukur keberhasilan kampanye Anda dari waktu ke waktu, Anda tidak akan tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak.Dan jika Anda tidak mengukur ROI kampanye Anda, Anda tidak akan tahu pasti apakah Anda membuang-buang uang atau menghabiskan anggaran pemasaran digital Anda dengan bijak.


Mengukur ROI pemasaran digital juga penting dari sudut pandang peningkatan. Setelah Anda dapat mengidentifikasi area mana yang tidak berkinerja sebaik yang Anda harapkan. Anda dapat bekerja untuk menganalisis aspek-aspek kampanye ini dan mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti menuju peningkatan.


Mengetahui ROI dari berbagai aspek kampanye Anda membantu Anda lebih memahami di mana Anda seharusnya mengalokasikan anggaran pemasaran Anda untuk hasil terbaik.

Bagaimana Mengukur ROI Pemasaran Digital

Menentukan ROI pemasaran digital Anda tidak semudah hanya melihat berapa banyak uang yang dihasilkan oleh berbagai kampanye dan kemudian membandingkannya dengan biaya.


Tidak semua kampanye memiliki tujuan akhir konversi.


Beberapa kampanye dimaksudkan untuk membangun kesadaran. Sementara yang lain mencoba memasukkan pelanggan ke dalam saluran pemasaran. Pada akhirnya, bagaimana mengukur ROI pemasaran digital akan bergantung pada apa tujuan unik Anda.


Ada begitu banyak data yang tersedia untuk Anda di Google Analytics yang mungkin membuat kepala Anda pusing.


Itulah mengapa saya mengumpulkan daftar metrik pemasaran digital paling umum yang digunakan untuk membantu Anda mengukur ROI:

  • Tingkat konversi
  • Biaya Per Prospek
  • Tingkat Penutupan Prospek
  • Biaya Per Akuisisi
  • Nilai Pesanan Rata-rata
  • Nilai Seumur Hidup Pelanggan

1. Identifikasi dengan jelas tujuan Anda sejak dini.

Seperti yang saya sebutkan di atas di bagian pengukuran ROI, Anda perlu mengetahui apa tujuan kampanye sebelum Anda dapat mulai mengukur ROI pemasaran digital.

Jika sasaran Anda tidak jelas, kemungkinan besar Anda tidak menggunakan metrik yang tepat untuk melacak ROI Anda.

Langkah pertama dalam mengukur dan meningkatkan laba atas investasi pemasaran digital Anda adalah mengidentifikasi tujuan yang jelas yang memungkinkan Anda mencapai hasil yang objektif.

Hindari sasaran yang tidak jelas dan didefinisikan secara longgar seperti “meningkatkan kesadaran” atau “menciptakan lebih banyak konversi”.

Sebaliknya, pastikan bahwa tujuan Anda SMART –  specific, measurable, achievable, relevant, and time bound.

Pastikan bahwa semua tujuan yang Anda buat untuk pemasaran digital adalah SMART.

Anda dapat melakukan ini dengan memulai dengan tujuan yang tidak jelas dan menjadikannya SMARTer.

Misalnya, sasaran Anda untuk kampanye tertentu adalah meningkatkan konversi.

Anda perlu memastikan bahwa ini lebih spesifik dan terukur.

Mungkin – “Mengubah 20% prospek menjadi pelanggan” adalah tujuan Anda. Kemudian, Anda perlu memastikan bahwa ini terikat waktu.

Jadi menambahkan garis waktu seperti "dalam kuartal 3" atau "dalam 6 bulan" memastikan Anda memiliki tujuan untuk menyelesaikan tujuan Anda. Adapun dapat dicapai dan relevan, ini tergantung pada kampanye khusus Anda.

Pastikan bahwa Anda memilih pengukuran yang dapat dicapai dalam kerangka waktu yang Anda tentukan sendiri. Juga, pastikan bahwa tujuan apa pun yang Anda pilih relevan dengan tujuan keseluruhan Anda dan kampanye pemasaran digital yang ada.

Mengembangkan sasaran SMART untuk setiap kampanye sebelum Anda menerapkan taktik adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar untuk sukses.

Tanpa sasaran yang ditetapkan dengan jelas, Anda tidak akan dapat mengukur ROI Anda dengan benar.

Dan jika Anda tidak dapat mengukur ROI maka Anda tidak dapat menemukan cara untuk meningkatkannya.


3. Uji berbagai penargetan, penawaran, frekuensi, dan pengiriman pesan.

Pengujian adalah bagian penting untuk meningkatkan ROI pemasaran digital Anda.

Tidak hanya membantu Anda meningkatkan kinerja kampanye pemasaran digital individu.

Tetapi itu juga dapat membantu Anda menemukan wawasan baru yang dapat diterapkan pada strategi pemasaran digital Anda yang lebih luas.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti elemen kampanye pemasaran digital Anda yang memengaruhi kesuksesan Anda adalah dengan mengujinya.

Anda dapat menjalankan A/B testing pada berbagai aspek kampanye pemasaran digital Anda untuk melihat elemen mana yang memberikan hasil yang lebih baik.

Dari pemasaran email hingga konten media sosial hingga iklan PPC, setiap elemen kampanye Anda dapat memperoleh manfaat dari pengujian menyeluruh.

Saat Anda melakukan A/B testing, Anda hanya boleh memilih satu elemen kampanye Anda untuk diuji.

Misalnya, jika Anda menguji halaman arahan, Anda mungkin mulai dengan judul.

Ubah salinan untuk tajuk utama dalam satu versi uji dan pertahankan yang lain tetap sama. Kemudian, uji masing-masing untuk melihat mana yang berkinerja terbaik.

A/B Testing


Saat melakukan  A/B testing, hanya ubah satu elemen pada satu waktu sehingga Anda tahu variabel mana yang memengaruhi kinerja.

Setelah Anda mengetahui elemen kampanye mana yang berkinerja terbaik, Anda kemudian dapat membuat perubahan strategis pada kampanye pemasaran saat ini dan di masa mendatang.

Dan ini tidak hanya berlaku untuk jenis kampanye yang sama.

Anda dapat menerapkan perubahan pada kampanye yang berbeda di seluruh saluran dan taktik.

Misalnya, katakanlah Anda menemukan jenis pesan tertentu yang paling sesuai dengan iklan PPC atau iklan Facebook Anda.

Anda kemudian mungkin tidak hanya membuat perubahan pada pesan iklan PPC Anda, tetapi juga membawa perubahan ini ke elemen lain dari pemasaran digital Anda seperti pesan pemasaran email.

4. Mengidentifikasi dan menangkap peluang penting untuk perbaikan.

Melacak metrik pilihan Anda dari waktu ke waktu tidak cukup.

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan ROI, Anda harus menyesuaikan kampanye berdasarkan apa yang Anda temukan.

Data itu sendiri bukanlah bagian terpenting dari pengukuran kampanye pemasaran digital Anda.

Ini adalah wawasan penting yang Anda peroleh dengan melihat analisis data ini yang akan membantu Anda mengembangkan merek Anda.

Setelah Anda melakukan beberapa eksperimen dan terus melacak pengukuran dari waktu ke waktu.

Anda akan mulai melihat beberapa tren atau bidang peluang.

Sangat penting bagi Anda untuk memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan.

Lakukan pengujian baru berdasarkan apa yang Anda temukan untuk terus menemukan cara baru untuk membuat kampanye Anda lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya, Anda menggunakan konversi oleh perangkat sebagai salah satu metrik Anda.

Dalam mengukur metrik ini dari waktu ke waktu, Anda menemukan bahwa demografi tertentu dari populasi Anda, seperti kelompok usia yang lebih muda, lebih suka menggunakan perangkat seluler.

Jika Anda ingin meningkatkan ROI dengan meningkatkan konversi pada perangkat ini.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan pesan dan penawaran Anda pada kampanye seluler untuk menarik segmen populasi target Anda ini.

Beberapa faktor lain yang mungkin Anda perhatikan saat menganalisis data dan mencari peluang baru di berbagai saluran yang Anda gunakan untuk kampanye serta waktu atau hari dalam seminggu yang cenderung dikonversi orang.

Mengawasi elemen-elemen ini akan membantu Anda mengoptimalkan lebih baik saat Anda mempublikasikan pemasaran konten atau meluncurkan iklan sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital Anda.

Pemikiran Akhir Tentang ROI Pemasaran Digital
Satu-satunya cara untuk meningkatkan kampanye pemasaran digital Anda adalah mengetahui posisi Anda dengan kinerja kampanye Anda saat ini.

ROI pemasaran digital adalah salah satu cara paling akurat untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda dari waktu ke waktu.


Pengukuran ini membantu mengaitkan kesuksesan kampanye dengan keuntungan bisnis Anda secara keseluruhan, yang sering diabaikan dalam hal pengukuran pemasaran.

Penting untuk diingat bahwa Anda harus memulai dengan tujuan yang spesifik dan terukur sebelum Anda dapat mulai mengukur ROI pemasaran digital.

cara Anda mengukur ROI, kunci peningkatan adalah pengukuran dan penyesuaian yang berkelanjutan.

Metrik yang Anda gunakan untuk mengukur laba atas investasi akan bergantung pada sasaran Anda dan saluran yang Anda gunakan untuk mengeksekusi sasaran tersebut.

Apa pun saluran yang Anda gunakan atau cara Anda mengukur ROI, kunci peningkatan adalah pengukuran dan penyesuaian yang berkelanjutan.

Meningkatkan ROI pemasaran digital Anda bisa menjadi sedikit rumit.

Dengan begitu banyak bagian yang bergerak ke kampanye pemasaran digital Anda, mungkin sulit untuk memutuskan area mana dari kampanye Anda yang perlu disesuaikan.

Belum lagi, berurusan dengan semua data itu bisa sangat melelahkan, terutama jika Anda tidak tahu apa yang Anda cari. Itu sebabnya dapat membantu untuk mendapatkan beberapa panduan dari agen pemasaran digital.

Comments