Perbedaan dan Fitur SEO On-Page vs Off-Page:

Google terus melakukan pembaruan dan perubahan pada algoritma peringkat mesin pencarinya. Meski begitu, satu hal yang dapat Anda andalkan adalah bahwa strategi SEO Anda harus mencakup taktik SEO on-page dan off-page.


Ketika Anda ingin meningkatkan peringkat halaman Anda di Google atau mesin pencari lainnya, optimisasi mesin pencari (SEO) adalah kuncinya.


Ada dua kategori yang berbeda dari SEO: on-page dan off-page. Kedua hal ini memainkan peran penting dalam keberhasilan kampanye pemasaran Anda secara keseluruhan.


Pelajari perbedaan antara SEO on-page vs off-page serta fitur masing-masing, yang akan membantu Anda meningkatkan permainan SEO Anda.


Apa itu SEO On Page?

Optimisasi mesin pencari di halaman mengacu pada optimasi halaman yang ada di situs web Anda, termasuk konten serta backend.


Tujuan dari SEO on-page adalah untuk meningkatkan halaman web mereka sendiri ke peringkat setinggi mungkin di mesin pencari dengan mengarahkan lalu lintas organik, berkualitas, dan bertarget ke situs web.


Ini menawarkan kontrol atas berbagai faktor yang dapat berdampak pada peringkat Anda.


Lokasi di mana situs web Anda muncul di SERP akan ditentukan oleh sejumlah faktor atau fitur peringkat, termasuk tag judul, kata kunci, kecepatan halaman, aksesibilitas situs, dll.


Hal ini adalah langkah yang dapat Anda kendalikan dan ubah di situs web Anda.


Fitur SEO Pada Halaman


Mari kita lihat beberapa fitur utama yang perlu Anda ketahui.


Tag Judul

Tag judul dirancang untuk memberi tahu mesin pencari dan pengunjung tentang halaman tertentu. Ini juga membantu untuk membangun relevansi yang tepat.


Tag judul adalah salah satu faktor SEO on-page yang paling penting. Karena itu, Anda ingin memastikan bahwa kata kunci yang Anda targetkan untuk halaman itu ada di dalam tag judul.


Pada akhirnya, tag judul Anda harus dibatasi hingga 60 karakter — dan ini termasuk spasi.


Kata kunci harus sedekat mungkin dengan bagian depan judul, tetapi Anda tidak boleh memasukkan kata kunci atau menempatkannya secara tidak wajar.


Struktur URL

Google adalah tentang keramahan pengguna, yang merupakan sesuatu yang perlu diingat saat Anda membangun URL Anda.


URL Anda harus selalu memiliki kata kunci utama di dalamnya, tetapi kata kunci tersebut tidak boleh diulang. Seharusnya hanya muncul sekali di URL; jika tidak, pengalaman pengguna dapat terpengaruh secara negatif.


URL juga harus dibuat sesingkat mungkin agar tidak membingungkan pengunjung dan lebih mudah diingat.


Tag Judul

Pengalaman pengguna adalah bagian penting dalam membangun situs web Anda, dan ini termasuk penggunaan tag heading.


Salah satu elemen pertama yang akan dilihat pengunjung di situs web Anda adalah tag H1, yang merupakan judul atau heading.


Judul dirancang untuk meyakinkan pengunjung bahwa mereka telah mendarat di tempat yang tepat dan menemukan apa yang mereka cari.


Tentu saja, jika Anda berlatih clickbait, maka hal di atas tidak berlaku. Clickbait dirancang untuk mendorong klik dan tidak lebih.


Bekerja untuk mengoptimalkan tag H1 halaman Anda untuk maksud pencarian dan kueri yang ditargetkan akan meningkatkan peluang halaman Anda menjadi cuplikan unggulan di bagian atas SERP.


Anda hanya boleh memiliki satu tag judul H1 per halaman, dengan sisa judul Anda idealnya adalah H2 dan H3, meskipun Anda dapat melampaui itu jika perlu.


Mesin pencari akan memberi bobot paling besar pada judul Anda daripada konten lainnya di halaman.


Tautan Teks Internal

Tautan internal mengarah ke halaman lain di situs web Anda. Ini berguna untuk mesin pencari dan pengunjung.


Untuk beberapa konteks, tautan internal harus selalu memiliki teks jangkar yang relevan, yaitu teks yang Anda klik untuk membawa Anda ke halaman internal lain.


"Tautan internal" ditautkan di awal bagian ini dan akan membawa Anda ke salah satu posting blog kami yang menawarkan lebih banyak informasi tentang tautan internal.


Karena posting blog secara khusus tentang tautan internal, teks ini relevan sebagai teks jangkar.


Menautkan secara internal ke halaman lain di situs web Anda adalah cara cepat dan efektif untuk meningkatkan konten Anda dan mendapatkan hasil SEO yang lebih baik.


Teks Alt untuk Gambar


Beberapa orang belum pernah mendengar tentang teks alternatif, tetapi ini adalah pengenal tambahan untuk gambar Anda.


Teks alternatif ini hanya dapat dilihat oleh Anda di backend sistem Anda dan Google. Anda tidak perlu khawatir tentang pengunjung yang melihat teks ini.


Teks alternatif harus selalu menggambarkan gambar secara akurat, yang membantu mesin telusur memahami konten halaman Anda.


Saat membuat teks alternatif, gunakan 8 hingga 10 kata, sertakan kata kunci target Anda, dan sertakan lokasi geografis, jika relevan.


Kecepatan Muat Halaman

Sejak 2010, kecepatan situs telah menjadi faktor peringkat resmi untuk Google.


Alasan mengapa ini sangat penting adalah karena pengalaman pengguna mati ketika halaman tidak dimuat dengan cepat, belum lagi fakta bahwa situs web yang lambat akan berdampak langsung dan negatif pada SEO Anda dan berdampak pada keuntungan Anda.


Studi menunjukkan bahwa sekitar 40% individu akan meninggalkan situs web jika memuat lebih dari tiga detik.


Oleh karena itu, saat setiap detik berlalu dan situs Anda masih dimuat, semakin dekat Anda dengan tingkat pengabaian yang tinggi.


Google menawarkan alat khusus yang dikenal sebagai PageSpeed ​​Insights yang dapat membantu Anda dalam menganalisis situs Anda, baik desktop maupun seluler. Alat ini bahkan menawarkan tip tentang bagaimana Anda dapat mengoptimalkan kecepatan memuat halaman Anda.


Ketika ada sesuatu yang membebani situs web Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan.


Misalnya, Anda ingin menjaga waktu respons server Anda di bawah 200 md, gambar di bawah 100 kb, dan cache browser disetel minimal satu minggu.



Selanjutnya, Anda dapat meminimalkan permintaan HTTP, menempatkan CSS di lembar eksternal, dan memprioritaskan pemuatan konten di bagian atas.


Apa itu SEO Off Page?

SEO Off-page mengacu pada langkah-langkah yang diambil di luar situs web yang memengaruhi peringkat mesin pencari.


Anda tidak memiliki kontrol sebanyak yang Anda lakukan pada fitur SEO di halaman.


Jenis pengoptimalan ini pada akhirnya melihat seberapa populer dan otoritatif situs web Anda.


Kebanyakan orang berpikir tentang membangun tautan ketika mereka mendengar istilah SEO di luar halaman, tetapi ada banyak faktor lain yang berperan dalam peringkat situs web Anda, termasuk desain situs web, keterlibatan media sosial, dan penyebutan merek.


Fitur SEO Off-Page

Berikut adalah fitur terpenting yang perlu Anda ketahui.


Membangun Tautan

Ketika situs web lain menautkan ke situs web Anda, itu dianggap sebagai mosi percaya.


Semakin banyak suara yang Anda terima, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.


Kebalikannya juga benar. Semakin sedikit suara yang Anda terima, semakin sulit untuk memasukkan situs Anda ke SERP, karena Google tidak melihat Anda sebagai orang yang berwibawa dan dapat dipercaya.


Pada akhirnya, Anda memerlukan situs web lain untuk menjamin Anda, di situlah backlink masuk. Membuat tautan eksternal adalah bagian penting dari keseluruhan strategi Anda.


Ada banyak cara di mana Anda dapat membangun tautan untuk situs web Anda, seperti menulis posting tamu, menghubungi situs yang relevan dan dapat dipercaya untuk melihat apakah mereka bersedia menautkan ke konten Anda, dan membuat siaran pers dan konten lain yang dapat dikirimkan ke direktori artikel.


Perlu diingat bahwa Google memang memperhatikan kualitas backlink ini dan bukan hanya jumlahnya. Situs yang menautkan kembali ke situs Anda harus merupakan situs yang berwibawa.

Banyak orang beranggapan bahwa media sosial memiliki manfaat SEO yang luar biasa


Media sosial

Banyak orang beranggapan bahwa media sosial memiliki manfaat SEO yang luar biasa. Namun, Google tidak memperhitungkan keberadaan media sosial Anda saat memeringkat situs Anda.


Meskipun itu mungkin benar, itu tidak berarti Anda harus melupakan media sosial. Sebenarnya, ada manfaat SEO tidak langsung yang bisa ditawarkan media sosial.


Misalnya, media sosial dapat meningkatkan kesadaran merek, membangun audiens khusus untuk situs web Anda, dan meningkatkan jumlah penyebutan merek dan tautan masuk dari kehadiran online Anda.


Selain membantu menjangkau audiens yang lebih luas dan mendorong pendapatan, media sosial berpotensi membantu konten Anda menjadi viral.


Ketika ini terjadi, akan ada tautan alami dan organik kembali ke situs web Anda yang menyebutkan merek Anda.


Sebutan Merek

Cara yang bagus untuk membangun lebih banyak tautan adalah dengan menemukan penyebutan merek yang tidak tertaut.


Ini bisa sangat membantu untuk situs web baru yang mencoba mendapatkan 50 hingga 100 backlink pertama.


Cara termudah dan paling efektif untuk memantau penyebutan merek Anda adalah menggunakan alat pihak ketiga.


Segera setelah Anda menemukan situs web yang menyebutkan merek Anda, Anda dapat mengirimi mereka email dan dengan sopan meminta mereka menambahkan tautan ke penyebutan merek.


Dengan melakukan itu, Anda bisa mendapatkan backlink baru sambil juga mendapatkan lalu lintas rujukan.


Pemasaran Konten

Pemasaran konten memiliki potensi untuk membantu Anda menjangkau audiens yang jauh lebih luas daripada sebelumnya dan memberi mereka informasi yang sangat berharga yang memenuhi kebutuhan dan keinginan masing-masing.


Selain konten yang Anda publikasikan di situs web Anda, seperti posting blog, Anda juga dapat memanfaatkan metode alternatif seperti survei, blogging tamu, dan laporan yang dapat diunduh.


Ini dapat membantu mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan prospek sekaligus meningkatkan peringkat Anda di SERP.



SEO On-Page vs Off-Page: Mana yang Lebih Penting?

Terlepas dari apa yang mungkin Anda yakini, SEO on-page dan SEO off-page sama pentingny sama pentingnya.


Untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, kedua hal ini diperlukan.


Dalam kasus tertentu, Anda mungkin ingin lebih fokus pada satu daripada yang lain, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus mengabaikan yang lain.


Mereka bekerja sama satu sama lain untuk menghidupkan situs web Anda di mesin pencari.


KESIMPULAN

Sederhananya, Anda tidak dapat memiliki SEO on-page tanpa SEO off-page, karena mereka bekerja sama untuk menyediakan mesin pencari seperti Google dengan gambaran lengkap dan jelas tentang situs web merek Anda.


Selain itu, Anda tidak dapat mengatur SEO dan meninggalkannya. Ini adalah sesuatu yang Anda harus terus bekerja untuk mewujudkan manfaat.

Comments