Alasan Kenapa Kamu Berkarir Sebagai Digital Marketing

Memilih jalur karier adalah proses yang menakutkan. Anda seharusnya menemukan sesuatu yang Anda sukai sambil juga mempertimbangkan hal-hal seperti stabilitas jangka panjang dan mendukung gaya hidup keseluruhan yang Anda inginkan.


Karier Digital Marketing belum tentu pekerjaan impian yang dicita-citakan kebanyakan orang saat mereka masih sekolah. Tetapi ketika Anda mempertimbangkan peluang di bidang yang dinamis ini, Anda akan melihat bahwa prospek karir Digital Marketing tidak lain adalah positif dan akan terus demikian pada tahun 2022.


Peran Pekerjaan Digital Marketing Specialist Terus Berkembang

Salah satu alasan mengapa karir Digital Marketing Specialist begitu menarik adalah karena bidang ini terus berkembang seiring dengan diperkenalkannya berbagai platform. Manajer Digital Marketing selalu melihat tren dan melihat bagaimana mereka memengaruhi kemampuan untuk ditemukan.


Membangun pengalaman dalam Digital Marketing mencakup hampir semua aspek kehadiran merek secara online. Saat mesin pencari meluncurkan pembaruan baru, manajer Digital Marketing menentukan bagaimana pengaruhnya terhadap peringkat situs web. Dari sana, seluruh tim Marketing bekerja sama untuk membuat strategi.


Salah satu alasan mengapa karir Digital Marketing Specialist begitu menarik adalah karena bidang ini terus berkembang seiring dengan diperkenalkannya berbagai platform. Manajer pemasaran digital selalu melihat tren dan melihat bagaimana mereka memengaruhi kemampuan untuk ditemukan.


Mengapa Peran Pekerjaan Digital Marketing Adalah Masa Depan?

Sementara marketing tradisional masih memiliki tempatnya di dunia, digital marketing dengan cepat mengambil alih berkat keterjangkauan dan analitik.


Manajer marketing sekarang dapat melihat dengan tepat dari mana orang-orang berasal, apa yang mereka lakukan di situs web, dan taktik mana yang menghasilkan ROI tertinggi. Pendekatan berbasis data ini memudahkan para profesional untuk membuktikan nilai mereka, dan bagi para pemimpin untuk melihat strategi mana yang paling efektif. Keberhasilan untuk direplikasi lagi, menghilangkan dugaan untuk kampanye masa depan.


Apa Permintaan Digital Marketing?

Menurut LinkedIn, peran "Spesialis Digital Marketing" adalah di antara 10 pekerjaan paling banyak diminati, dengan 860.000 lowongan pekerjaan. Pengalaman yang paling banyak diminta dalam digital marketing termasuk media sosial, strategi konten, SEO, analitik, dan banyak lagi.


Karena ada begitu banyak aspek strategi digital marketing, jumlah pekerjaan terkait cukup tinggi. Faktanya, industri ini sedang menghadapi krisis — kesenjangan keterampilan digital. Sebuah survei LinkedIn menemukan kekurangan sekitar 230.000 profesional Digital Marketing di wilayah metro utama di AS.


Dengan begitu banyak pekerjaan dan tidak cukup profesional untuk mengisinya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai digital marketing.


Bagaimana Memulai Dengan Peran Digital Marketing Specialist

Saat Anda memulai digital marketing, penting untuk memahami spesialisasi utama dalam industri ini. Ada banyak peran pekerjaan digital marketing yang perlu dipertimbangkan, masing-masing dengan keahlian mereka sendiri untuk dikuasai.


Email Marketing

Email Marketer terdengar cukup jelas — Anda mengirim email ke daftar yang ditargetkan. Tetapi penargetan itulah yang membutuhkan keterampilan khusus.


Email marketing dikirim ke daftar pelanggan dan prospek untuk menghidupkan bisnis dan membangun kesadaran akan produk dan layanan. Mereka juga sering dikirim untuk melibatkan audiens, bahkan ketika tidak ada penjualan keras. Adalah tugas pemasar email untuk menguji baris subjek, teks, dan format yang berbeda untuk melihat email mana yang paling menarik perhatian.


Gaji rata-rata untuk Manajer Email Marketing Specialis: kisaran Rp.5.000.000-Rp.7.000.000


Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Tidak peduli seperti apa pengalaman Anda, Search Engine Optimization mungkin akan memainkan peran penting dalam pemasaran digital. Ini adalah tulang punggung dari setiap konten yang ditulis karena semua konten memiliki tujuan untuk dapat ditemukan.


Prospek karir pemasaran digital untuk spesialis SEO kuat. Ada kebutuhan besar bagi para profesional yang memahami media sosial, penilaian kualitas konten, analisis kompetitif, penelusuran seluler, dan analisis situs web. Semua dasar ini harus dicakup untuk memaksimalkan lalu lintas online.


Gaji rata-rata untuk Manajer SEO: kisaran Rp.10.000.000-Rp.12.000.000


Copywriting

Saat Anda mendapatkan pengalaman dalam pemasaran digital, Anda akan menyadari betapa banyak penulisan yang terlibat dalam prosesnya. Copywriter menghasilkan berbagai konten, termasuk tagline, deskripsi produk, email, iklan, dan banyak lagi. Mereka bahkan memproduksi konten non-digital seperti surat langsung dan skrip video.


Copywriter jelas membutuhkan latar belakang menulis yang kuat, tetapi di luar itu mereka harus kreatif dan ingin tahu. Pekerjaan mereka berkisar membuat orang memperhatikan di dunia yang penuh gangguan.


Gaji rata-rata untuk Copywriter:  Rp.5.000.000-Rp.7.000.000


Penulisan Konten

Sepintas, penulisan konten dan copywriting mungkin tampak seperti peran pemasaran digital yang sama, tetapi saat Anda memulai pemasaran digital, Anda akan melihat bahwa mereka memiliki dua pekerjaan yang berbeda.


Penulis konten fokus secara khusus pada konten yang lebih panjang yang menarik pembaca ke situs dan memelihara mereka sepanjang siklus penjualan. Mereka membuat whitepaper dan studi kasus, posting blog, dan eBook yang mendidik pembaca dan membuat mereka kembali lagi.


Gaji rata-rata untuk Manajer Konten:  Rp.5.000.000-Rp.7.000.000


Pemasaran media sosial

Bukan rahasia lagi bahwa pemasaran media sosial adalah bagian besar dari pemasaran digital. Manajer media sosial mempromosikan merek di jaringan seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn, dan lainnya.


Manajer media sosial mengembangkan strategi kampanye, video, dan grafik; dan teliti tren audiens untuk tampil di depan orang yang tepat. Ini adalah pekerjaan yang menjembatani penulisan, desain, dan manajemen proyek, dan seringkali membutuhkan kemampuan untuk bekerja di luar jam kerja untuk menanggapi pesan yang masuk. Pengalaman dalam pemasaran digital dan membangun komunitas adalah suatu keharusan.


Gaji rata-rata untuk Pemasar Media Sosial:  Rp.5.000.000-Rp.7.000.000

Comments