- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Saya akan memberi tahu Anda sebuah rahasia kecil. Traffic organik tidak gratis. Mendapatkan Traffic organik yang stabil dengan menerapkan praktik SEO terbaik membutuhkan waktu dan usaha dari Anda (keduanya berharga!).
Dalam tutorial ini, saya menjelaskan dengan tepat cara SEO blog atau situs web bisnis Anda sendiri menggunakan petunjuk langkah demi langkah yang mudah ini.
Tapi di sini adalah menangkap. Mempelajari cara menemukan kata kunci Anda sendiri dapat menjadi hal yang menakutkan pada awalnya. Jika Anda kesulitan menemukan kata kunci yang belum dicakup oleh blogger besar lainnya, Anda tidak sendirian.
Saya memiliki metode 5 langkah mudah yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci berekor panjang yang belum pernah tercakup dengan benar dalam publikasi online. Itu berarti Anda dapat dengan mudah menyapu Traffic organik dari kata kunci ini, selama Anda menulis konten hebat yang mencakup subjek dengan baik.
Apa itu SEO (Search Engine Optimization)
Untuk SEO seperti seorang profesional, Anda perlu memahami apa itu optimasi mesin pencari. SEO adalah metode yang digunakan untuk mengoptimalkan konten Anda sehingga mesin pencari dapat mengkategorikan dan menampilkan posting blog Anda kepada mereka yang mencari topik Anda secara online.
Terlalu sering blogger lupa untuk mengikuti langkah-langkah SEO yang paling dasar sekalipun. Ini adalah masalah besar! Kecuali Anda mengandalkan sepenuhnya pada berbagi media sosial, maka penting untuk mengatur konten blog Anda dengan cara yang benar sejak awal.
Jadi selalu ingat pengalaman pengguna saat mengoptimalkan posting blog Anda.
Traffic Organik
Traffic organik terdiri dari pengunjung yang mengklik ke situs web Anda menggunakan metode gratis. Anda bisa mendapatkan traffic organik dari mesin pencari seperti Google, Bing, Pinterest, dan bahkan situs media sosial seperti Facebook dan Twitter. Organik, dalam konteks ini, berarti “tidak dibayar.”
SEO dan Traffic Organik berjalan beriringan. Jika Anda mengikuti langkah-langkah SEO mudah yang akan saya jelaskan, maka Anda akan berhasil membangun lalu lintas organik blog Anda.
SEO Checklist
Jika Anda bekerja sekarang, Checklist SEO ini dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk kata kunci bervolume tinggi yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Butuh kesabaran untuk sampai ke sana!
baca juga: Roadmap SEO
Perlu diingat bahwa SEO memiliki fokus tinggi pada pengalaman pengguna. Dengan kata lain, mesin pencari seperti Google mengumpulkan data dari pengunjung situs Anda dan mengompilasinya ke dalam nomor peringkat seperti tampilan halaman total, tampilan halaman unik, waktu di halaman, dan rasio pentalan. Setiap angka ini ditentukan oleh perilaku pengunjung Anda! Memastikan bahwa pengalaman pengguna adalah yang terbaik sangat penting untuk SEO.
Dikatakan bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat. Hampir tidak mungkin untuk mengetahui atau mengikuti semua praktik terbaik SEO, tetapi tentu saja mungkin untuk menentukan peringkat di halaman pertama Google dengan mengikuti beberapa langkah yang jauh lebih kecil.
Daftar periksa SEO saya memecah langkah-langkah luas ini:
- Teliti dan pilih kata kunci
- Pilih dan pertahankan kategori blog (struktur situs web Anda)
- Pilih topik yang termasuk dalam salah satu kategori Anda
- Pilih judul blog yang layak klik, jelas, ringkas, dan menjawab pertanyaan
- Draf konten Anda
- Publikasikan konten Anda
- Setelah diterbitkan
Checklist saya mencakup langkah-langkah terpenting yang harus diambil saat membuat posting blog baru, halaman web, atau memperbaiki halaman lama. Tetapi penting untuk membaca tutorial terperinci lengkap yang sejalan dengan daftar periksa ini.
Example SEO
Sebelum saya masuk ke tutorial SEO langkah demi langkah yang akan memberi Anda lalu lintas organik, saya ingin membagikan contoh posting blog yang berperingkat tinggi dalam hasil mesin pencari.
Contoh posting blog yang akan saya gunakan adalah tentang Disney. Tahukah Anda bahwa mungkin untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google ketika berbicara tentang subjek sepopuler Disney?
Berikut adalah trik ketika mempelajari cara menentukan peringkat untuk kata kunci yang berkaitan dengan subjek yang sangat populer:
Apa itu Kata Kunci Longtail?
Kata kunci Longtail lebih panjang, frasa terperinci yang mendorong lalu lintas organik yang lebih spesifik. Pengunjung yang menemukan situs Anda dengan mengetikkan kata kunci ekor panjang kemungkinan besar akan mendaftar ke buletin Anda (saluran penjualan), mengklik tautan afiliasi Anda, atau membeli produk/layanan Anda karena lebih spesifik untuk pertanyaan awal pembaca.
Contoh Longtail Keyword
Kembali ke contoh Disney kami. Jika seseorang mencari istilah ambigu "Disney" di Google, kami tidak tahu apa yang sebenarnya mereka harapkan.Apakah mereka ingin informasi lebih lanjut tentang Disneyland? Bagaimana merencanakan perjalanan? Arah ke Disneyland? Atau apakah mereka mencari karakter Disney? Perlengkapan? Film? Atau Walt Disney yang asli sendiri?
Mencoba memberi peringkat untuk kata kunci umum seperti mencoba menebak apa yang dipikirkan pasangan Anda saat dia menatap ke dalam jurang. Dengan kata lain, itu hampir tidak mungkin.Frasa seperti, "Kutipan Disney terbaik tentang persahabatan" atau "Kutipan Disney terbaik tentang keluarga" adalah contoh kata kunci ekor panjang. Semakin spesifik kata kunci ekor panjang Anda, semakin besar kemungkinan lalu lintas organik Anda akan menjadi audiens yang tepat yang akan berkonversi.
Cara SEO Seperti Pro (Step by Step)
Sekarang kita telah menyelesaikan beberapa pertanyaan latar belakang populer tentang SEO dan kata kunci, mari selami langkah-langkah yang saya gunakan untuk menentukan peringkat di halaman pertama Google.
Karena ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang SEO, langkah demi langkah, tutorial cara SEO ini akan fokus pada "bagaimana" SEO daripada "mengapa" dari setiap langkah. Tujuan saya adalah membuat tugas Anda mendapatkan lalu lintas organik lebih mudah dan lebih dapat dicapai.
Langkah 1: Susun Situs Web Anda untuk SEO
Struktur, atau navigasi, situs web Anda sangat penting. Penataan situs Anda dengan cara yang benar memengaruhi pengunjung Anda, yang memengaruhi SEO Anda!
Navigasi Tajuk
Blogger harus mulai dengan dua hingga empat kategori utama.
Jika Anda memiliki terlalu banyak opsi menu yang membingungkan, gabungkan kategori serupa menjadi satu. Hapus (atau susun) kategori yang tidak Anda sumbangkan setidaknya setiap bulan.
Gunakan subkategori! Jika Anda tidak ingin memotong salah satu kategori Anda, pertimbangkan untuk meletakkannya di bawah kategori lain.
Tautan Internal
Dalam setiap posting blog, tautkan ke setidaknya tiga posting serupa milik Anda untuk mendorong pengunjung menjelajah.
Jauhkan tautan internal yang mengarah ke blog dalam kategori yang sama. Anggap ini sebagai kesempatan untuk memberi tahu Google tentang setiap posting blog dengan menautkan ke konten yang relevan saja.
Tautan Eksternal
Cobalah untuk menyertakan setidaknya satu tautan eksternal ke sumber resmi di setiap pos. Google akan mengikuti tautan eksternal dan menggunakannya untuk membantu mengkategorikan posting Anda dan untuk memverifikasi bahwa Anda telah meneliti topik Anda secara menyeluruh.
Sekalipun karya Anda 100% milik Anda sendiri, tidak ada salahnya untuk mendapatkan dukungan dari sumber yang berwibawa. Tetapi jangan menautkan ke sumber yang bersaing untuk istilah pencarian dan topik yang sama dengan yang Anda harapkan untuk diperingkat!
Tautan Balik
Pastikan posting Anda memberikan nilai. Tujuan Anda adalah menjadi sumber otoritatif yang ditautkan oleh blogger lain. Tapi jujur saja, ini membutuhkan waktu untuk membangun toko besar konten yang berharga.
Anda dapat mencari frase kata kunci target Anda di Google dan membuka 10 hingga 30 hasil pertama. Jika ada bagian komentar, tambahkan komentar yang bermakna ke utas dan tautkan kembali ke posting blog terkait Anda di bidang "situs web" (bukan halaman beranda Anda).
Langkah 2: Riset Kata Kunci untuk Setiap Postingan dan Halaman
Ingat kita berbicara tentang pentingnya menggunakan kata kunci berekor panjang untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil Google? Langkah ini akan mengajarkan Anda bagaimana melakukan riset kata kunci sehingga Anda memilih kata-kata yang benar-benar dicari orang di Google.
Anda tidak ingin memilih kata kunci dan memasukkannya ke dalam pos 50 kali. Sebagai gantinya, buatlah daftar frasa kata kunci terkait tentang topik tertentu untuk digunakan secara alami di seluruh posting Anda.
Bagaimana Melakukan Riset Kata Kunci
Riset kata kunci penting karena Anda ingin memastikan bahwa Anda menulis jawaban untuk pertanyaan yang benar-benar dicari orang. Jika Anda menulis tentang istilah yang tidak jelas, maka Anda dapat peringkat di halaman 1 Google; tapi itu tidak berarti banyak jika tidak ada yang mencari istilah itu.
Langkah 3: Brainstorming Topik dan Pilih Judul yang Dapat Diklik
Anda dapat melakukan brainstorming untuk topik sebelum melakukan penelitian kata kunci, tetapi saya lebih suka melakukannya setelahnya. Memiliki daftar kata kunci di depan Anda adalah setengah dari pertempuran brainstorming topik tertentu!
Topik dan judul posting blog berjalan beriringan, jadi kita akan membahas keduanya di langkah ini.
Brainstorming Topik
Untuk memilih topik, buka daftar kata kunci Anda dan tinjau frasa pencarian yang dicari audiens Anda.
Jika orang menelusuri frasa dengan kata-kata seperti "bagaimana", "cara", atau "apa", sorot ini. Mereka layak untuk diteliti lebih lanjut.
Ingat, ketika orang menelusuri Google, mereka mengajukan pertanyaan dan mengharapkan jawaban. Memilih topik yang menjawab pertanyaan itu dapat menempatkan posting blog Anda di bagian atas hasil pencarian.
Pemilihan Judul
Google mencari setiap frase kata kunci yang Anda catat di atas dan menganalisis hasil teratas. Apakah judul menyertakan frasa kata kunci yang tepat? Apakah mereka memiliki judul yang "dapat diklik"?
Tinjau hasil berbayar teratas dengan cermat karena sering kali diuji dengan baik dan berfungsi.
Jangan menyalin kata demi kata dari judul penulis lain, tetapi gunakan hasilnya untuk membuat judul Anda sendiri. Ingatlah untuk membuat judul Anda jelas dan hindari terlalu banyak kata pengisi yang mengganggu.
Praktik Terbaik Judul SEO
- Tempatkan frase kata kunci Anda sejauh mungkin di kiri judul.
- Pertahankan panjang judul Anda mendekati 55 karakter dan antara enam dan sembilan kata.
- Pastikan judul Anda memberi tahu orang-orang dengan tepat apa yang akan mereka pelajari.
- Hindari kata-kata pengisi dan terminologi yang ambigu.
Langkah 4: Susun Konten Anda Untuk Pembaca
Saat Anda mempelajari cara SEO posting blog Anda, ingatlah bahwa kueri Google adalah pertanyaan. Bahkan jika orang yang mencari tidak menambahkan tanda tanya atau mengetik frasa yang panjang dan tepat, mereka masih mencari jawaban, bukan cerita.
Saat menulis posting blog Anda, ikuti struktur ini:
Saya menggunakan format penulisan blog ini untuk menumbuhkan lalu lintas organik saya.
Perkenalkan Masalah
Pengunjung tiba di situs Anda karena mereka memiliki masalah. Mereka membutuhkan resep, ide, panduan cara, atau informasi lainnya. Pastikan Anda sudah jelas dari awal apa "masalah" blog Anda memecahkan.Perkenalkan Solusi
Perkenalkan solusi secara singkat. Jelaskan kepada pembaca Anda apa solusinya dan mengapa mereka harus mempercayai Anda.
Jelaskan Penyelesaiannya dengan Contoh
Tubuh: Siapa, Apa, Kapan, Di mana, Mengapa, atau Bagaimana
Jawab pertanyaan secara rinci di badan posting blog Anda. Daftar posting, petunjuk langkah demi langkah, tip, dan contoh berkinerja baik.
Akhiri dengan Penjualan
Jika Anda memonetisasi situs Anda, setiap posting harus "menjual" sesuatu dalam kesimpulan Anda. Penjualan "pra" mungkin menawarkan hadiah gratis untuk bergabung dengan daftar email Anda atau tautan ke afiliasi gratis. Penjualan "final" dapat mencakup undangan langsung untuk membeli layanan atau produk (milik Anda atau afiliasi).
Pastikan penjualan Anda berhubungan dengan masalah yang membawa pengunjung Anda kepada Anda sejak awal!
Ingat, Anda ingin Google melihat pengunjung tinggal lebih lama dan kembali ke blog Anda. Langganan email membawa pembaca kembali sehingga mereka juga sangat penting.
Lakukan ini untuk Postingan Blog
- Gunakan kata kunci Anda dalam judul blog utama Anda (H1).
- Gunakan kata kunci Anda di setidaknya satu judul lain dalam posting Anda (H2).
- Gunakan kata kunci Anda secara alami di seluruh posting Anda.
- Gunakan kata kunci Anda dalam kalimat pertama Anda bila memungkinkan atau setidaknya di paragraf pertama Anda.
- Gunakan kata kunci Anda di URL Anda
- Gunakan kata kunci Anda di teks alternatif setidaknya satu gambar.
- Gunakan kata kunci Anda di awal deskripsi meta Anda.
- Gunakan kata kunci pendukung masing-masing satu sampai tiga kali. Selalu pastikan penempatan alami.
- Jaga agar konten Anda tetap “skirmable” menggunakan poin-poin, judul, dan kalimat pendek.
- Terbitkan setidaknya 500 kata, tetapi lebih lama dari itu lebih baik.
Jangan Lakukan ini untuk Postingan Blog
- Jangan sering menempatkan kata kunci Anda di seluruh teks di lokasi yang tidak wajar. Ini disebut isian kata kunci.
- Jangan optimalkan postingan untuk kata yang salah eja hanya karena orang mencarinya seperti itu.
- Jangan membayar untuk backlink.
- Jangan memperpanjang posting blog hanya untuk tujuan penghitungan kata (hindari fluff).
- Jika kata kunci Anda adalah “Mengapa aktivitas untuk anak-anak hebat”, jangan ulangi kata-kata seperti “mengapa” berulang-ulang untuk meningkatkan jumlah kata kunci Anda. Google ingin Anda menjawab pertanyaan, bukan menyatakannya berulang-ulang.
Langkah 5: Tingkatkan SEO Postingan yang Ada
Jangan takut untuk kembali dan mengoptimalkan posting blog yang ada menggunakan kata kunci yang telah dikaitkan oleh Google.
Saat mengoptimalkan posting yang ada, penting untuk mengetahui apa yang TIDAK boleh dilakukan (saya sudah mencoba semuanya, mereka membunuh peringkat):
- Jangan mengubah URL tanpa menyiapkan pengalihan.
- Jangan menghapus kata kunci penting atau potongan besar teks dari blog yang sudah berperingkat tinggi dalam hasil pencarian.
- Jangan membuat perubahan berulang-ulang. Optimalkan pos dan lanjutkan.
Jika Anda melakukan salah satu di atas, posting blog mungkin akan diturunkan peringkatnya – tetapi – mungkin akan muncul kembali segera setelah Google mengetahui bahwa Anda telah memperbaikinya.
Apa yang BISA kita ubah? Tujuannya bukan untuk mengambil atau mengganti konten yang ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan atau menambah konten.
Langkah 6: Pastikan Situs Anda Terindeks dan Uangkan Postingan Anda!
Anda berhasil mencapai langkah SEO penting terakhir! Anda harus bangga jika Anda berhasil sejauh ini!
Langkah ini mudah. Setelah menerbitkan blog Anda, saatnya untuk dilihat di Google!
Mengirimkan URL ke Mesin Pencari
Saat Anda memublikasikan atau memperbarui entri blog, kirimkan URL-nya ke Google. Ini cepat dan mudah dan membantu peringkat posting Anda dengan cepat.
Lakukan ini paling banyak dua hingga tiga kali per minggu dan hanya blog baru yang akan mendapat manfaat dari ini. Setelah blog Anda dibuat dan Anda mempostingnya secara teratur, mesin pencari biasanya akan merangkak ke posting baru Anda sendiri.
Dengan menggunakan metode SEO yang tepat ini, saya telah memberi peringkat klien e-niaga dan blog saya di halaman pertama Google. Dan bukan untuk kata kunci apa pun, tetapi untuk kata kunci yang kompetitif, ceruk yang ketat, dan pendek!
Mempelajari cara SEO membutuhkan waktu, tetapi pada akhirnya, Anda akan menerima lalu lintas yang konsisten dan bertarget tinggi!
Membuat Penjualan / Monetisasi
Pada titik ini Anda telah belajar bagaimana SEO setiap posting blog baru dan lama untuk membuat jalan Anda ke halaman pertama Google! Sangat berharga untuk melakukan praktik ini ke rutinitas blogging harian Anda!
Tetapi sekarang saya ingin berbicara dengan Anda tentang memonetisasi blog Anda dan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.
Siap SEO Seperti Pro?
Pastikan untuk menggunakan Daftar Periksa SEO saya (dalam Urutan Kronologis). Daftar periksa SEO gratis ini akan membuat usaha Anda menjadi mudah! Yang perlu Anda lakukan adalah mencetak atau menyimpan daftar periksa dan menandai setiap langkah saat Anda membuat posting blog baru.
Sampai jumpa di halaman pertama Google!

Comments
Post a Comment