- Get link
- X
- Other Apps
- Get link
- X
- Other Apps
Pada tingkat tinggi, Digital Marketing mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Dengan menggunakan saluran media online ini, Digital Marketing adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mendukung barang, jasa, dan merek. Konsumen sangat bergantung pada sarana digital untuk meneliti produk. Misalnya, wawasan pemasaran Think with Google menemukan bahwa 48% konsumen memulai pertanyaan mereka di mesin pencari, sementara 33% melihat ke situs web merek dan 26% mencari dalam aplikasi seluler.
Sementara Digital Marketing modern adalah sistem channel yang sangat besar di mana pemasar hanya harus menggunakan merek mereka, beriklan secara online jauh lebih kompleks daripada saluran itu sendiri. Untuk mencapai potensi pemasaran digital yang sebenarnya, pemasar harus menggali jauh ke dalam dunia lintas saluran yang luas dan rumit saat ini untuk menemukan strategi yang berdampak melalui pemasaran keterlibatan. Pemasaran keterlibatan adalah metode untuk membentuk interaksi yang bermakna dengan calon pelanggan dan pelanggan yang kembali berdasarkan data yang Anda kumpulkan dari waktu ke waktu. Dengan melibatkan pelanggan dalam lanskap digital, Anda membangun kesadaran merek, menetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran industri, dan menempatkan bisnis Anda di garis depan saat pelanggan siap membeli.
Dengan menerapkan strategi Digital Marketing omnichannel, pemasar dapat mengumpulkan wawasan berharga tentang perilaku audiens target sambil membuka pintu ke metode baru keterlibatan pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mengharapkan untuk melihat peningkatan retensi. Menurut sebuah laporan oleh Invesp, perusahaan dengan strategi keterlibatan pelanggan omnichannel yang kuat mempertahankan rata-rata 89% pelanggan mereka dibandingkan dengan perusahaan dengan program omnichannel yang lemah yang memiliki tingkat retensi hanya 33%.
Adapun Digital Marketing di masa depan, kita dapat mengharapkan untuk melihat peningkatan yang berkelanjutan dalam berbagai perangkat yang dapat dikenakan yang tersedia bagi konsumen. Forbes juga memperkirakan bahwa media sosial akan menjadi semakin percakapan di ruang B2B, konten video akan disempurnakan untuk tujuan optimasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran email akan menjadi lebih personal.
“Digital adalah inti dari segala sesuatu dalam pemasaran saat ini—digital telah berubah dari 'salah satu hal yang dilakukan pemasaran' menjadi 'Hal yang dilakukan pemasaran.'”
Masalah umum yang dapat dipecahkan oleh pemasaran digital
Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda, digital adalah wajib. Digital Marketing dapat membantu Anda mengenal audiens Anda, mempelajari data penting tentang mereka, dan memberikan metrik yang akan memberikan kredibilitas tim pemasaran Anda.
Komponen Digital Marketing
Pemasaran digital mencakup jaringan besar titik kontak digital yang berinteraksi dengan pelanggan berkali-kali dalam sehari. Untuk memanfaatkan saluran ini dengan benar, Anda harus memahami masing-masing saluran.
Pencarian berbayar. Pencarian berbayar, atau iklan bayar per klik (PPC), biasanya mengacu pada hasil yang disponsori di bagian atas atau samping halaman hasil mesin pencari (SERP). Iklan ini menagih Anda untuk setiap klik dan dapat disesuaikan agar muncul saat istilah pencarian tertentu dimasukkan, sehingga iklan Anda ditargetkan ke audiens yang mencari sesuatu secara khusus. Iklan ini bisa sangat efektif, karena mengandalkan data yang diperoleh dari perilaku online individu dan digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dengan menayangkan iklan yang relevan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Iklan ini juga melibatkan penargetan ulang, artinya bergantung pada tindakan pelanggan, alat otomatisasi pemasaran dapat membuat iklan lintas platform pribadi yang unik.
Optimisasi mesin pencari (SEO). SEO adalah proses mengoptimalkan konten, pengaturan teknis, dan jangkauan situs web Anda, sehingga halaman Anda muncul di bagian atas hasil mesin pencari untuk serangkaian istilah kata kunci tertentu. Menggunakan SEO dapat mengarahkan pengunjung ke situs Anda saat mereka menampilkan perilaku yang menyiratkan bahwa mereka sedang menelusuri produk yang relevan, yang dapat menjadi pengubah permainan mengingat 90% orang yang menelusuri belum membentuk opini tentang suatu merek (Status Labs, 2018 ). Sementara PPC dan penargetan ulang memiliki tempatnya, lalu lintas online organik yang diperoleh melalui optimasi mesin pencari memiliki pengaruh besar pada peringkat pencarian dan, dengan ekstensi, lalu lintas situs organik. Dengan menggunakan kata kunci dan frasa, Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas secara besar-besaran dan memulai hubungan pelanggan yang langgeng. SEO didefinisikan sebagai meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian online, dan dengan demikian lalu lintas situs organiknya, dengan menggunakan kata kunci dan frasa populer. Strategi SEO yang kuat sangat berpengaruh dalam kampanye pemasaran digital karena visibilitas adalah langkah pertama menuju hubungan pelanggan yang langgeng.
Content Marketing
Pemasaran konten yang efektif tidak bersifat promosi lahiriah, melainkan berfungsi untuk mendidik dan menginspirasi konsumen yang mencari informasi. Ketika Anda menawarkan konten yang relevan dengan audiens Anda, itu dapat mengamankan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan sumber informasi yang dapat dipercaya, sehingga kecil kemungkinan upaya pemasaran Anda yang lain akan hilang dalam keadaan statis. Di zaman pembeli mandiri, pemasaran konten mendapat prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan pencarian berbayar, jadi ini sepadan dengan upaya tambahan.
Sosial Media Marketing
Kunci pemasaran media sosial yang efektif jauh lebih dari sekadar memiliki akun media sosial yang aktif. Anda juga harus menjalin elemen sosial ke dalam setiap aspek upaya pemasaran Anda untuk menciptakan sebanyak mungkin peluang berbagi peer-to-peer. Semakin banyak audiens Anda terinspirasi untuk terlibat dengan konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membagikannya, berpotensi menginspirasi rekan-rekan mereka untuk menjadi pelanggan juga.
Email Marketing.
Setelah lebih dari dua dekade, email masih merupakan cara tercepat dan paling langsung untuk menjangkau pelanggan dengan informasi penting. Hari ini, kampanye email yang sukses harus sangat menarik, relevan, informatif, dan menghibur agar tidak terkubur di kotak masuk pelanggan Anda. Agar berhasil, email pemasaran Anda harus memenuhi lima atribut inti. Mereka harus dapat dipercaya, relevan, dapat berbicara, terkoordinasi di seluruh saluran, dan strategis.
Mobile Marketing
Perangkat seluler disimpan di saku kami, duduk di samping tempat tidur kami, dan diperiksa terus-menerus sepanjang hari. Hal ini membuat pemasaran di seluler menjadi sangat penting—dua pertiga konsumen dapat mengingat merek tertentu yang pernah mereka lihat diiklankan di seluler dalam seminggu terakhir—tetapi seluler juga sangat bernuansa mengingat sifatnya yang intim. SMS, MMS, dan pemasaran dalam aplikasi adalah semua opsi untuk menjangkau pelanggan Anda di perangkat mereka, tetapi di luar itu, Anda harus mempertimbangkan koordinasi upaya pemasaran Anda di seluruh saluran pemasaran digital Anda yang lain.
Otomatisasi Marketing.
Otomatisasi pemasaran adalah platform integral yang menyatukan semua pemasaran digital Anda. Faktanya, perusahaan yang mengotomatiskan manajemen prospek melihat peningkatan pendapatan 10% atau lebih dalam waktu enam hingga sembilan bulan. Tanpa itu, kampanye Anda akan terlihat seperti teka-teki yang belum selesai dengan bagian penting yang hilang. Perangkat lunak otomatisasi pemasaran menyederhanakan dan mengotomatiskan tugas dan alur kerja pemasaran, mengukur hasil, dan menghitung laba atas investasi (ROI) kampanye digital Anda, membantu Anda meningkatkan pendapatan lebih cepat. Otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda mendapatkan wawasan berharga tentang program mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan ini akan memberikan metrik untuk memungkinkan Anda berbicara dengan upaya pemasaran digital pada keuntungan perusahaan Anda.

Comments
Post a Comment